MUDAH, JRUEK DRIEN (ASAM DURIAN) SEDERHANA

PENYIAPAN JRUEK DRIEN (ASAM DURIAN) SEDERHANA



Durian yang akan diasamkan

Teman-teman dari Aceh Barat Selatan pasti sudah tidak asing lagi dengan Jruek Drien khas aceh ini.

Berbicara tentang trend. Saya juga masih gagal paham karena sebagian kalangan muda tidak mengenal betul masakan tradisional ini. Kebanyakan dari teman-teman saya misalnya. Mereka sama sekali belum pernah mencoba kenikmatan makanan hasil olahan dari durian ini.

Apa itu Jruek Drien?

Iya, tepatnya di kampung saya Aceh Barat Daya. Jruek Drien adalah jenis olahan pilihan yang dapat diperoleh dari durian yang sudah difermentasikan. Hal ini merupakan salah satu cara pengawetan pangan secara tradisional sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dari durian mentah.

Selain Jruek Drien, durian juga dapat diolah menjadi Geulamo (sebutan khas barat selatan untuk dodol). Biasanya Geulamo sendiri dikonsumsi sebagai cemilan sedangkan Jruk Drien dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan gulai, sambal atau masakan lainnya yang dapat diolah dan tentunya sangat nikmat dan menambah selera makan.Nah, kamu juga perlu tau. Salah satu motivasi saya untuk pulkam pada musim durian itu adalah karena saya sangat merindukan masakan Jruek Drien ibu saya di rumah.

Bagaimana cara penyiapan Jruek Drien?

Untuk membuat Jruek Drien ini sendiri sangatlah mudah. Teman- teman hanya membutuhkan durian yang lumayan banyak jika ingin mendapatkan Jruek Drien yang lebih banyak pula
Durian mentah

Coba lihat gambar di atas.
Termasuk sedikitkan?


Padahal sudah mengumpulkan durian dalam jumlah yang banyak. Hehe, intinya kamu harus punya pokok durian sendiri ya, untuk menghindari tingginya harga durian di pasar tradisional, khususnya di Banda Aceh karena jumlah durian yang tersedia terbatas dan musiman.

Setelah durian yang sudah matang tersedia, Bukalah buah durian lalu pisahkan daging buah durian tersebut dengan bijinya, Selanjutnya disimpan dalam wadah plastik tertutup dan didiamkan hingga 2-3 hari. Namun, umumnya proses ini dilakukan selama 5-7 hari untuk mendapatkan Jruek Drien yang lebih bagus. Penyimpanan yang terlalu lama dapat mempengaruhi kadar keasaman Jruek Drien. Tahap ini berfungsi untuk proses fermentasi. Setelah proses ini selesai. Maka Jruek Drien siap digunakan untuk membuat bentuk masakan selanjutnya.

1

2

3

4

5
Biasanya, kalau saya di rumah suka dibuatin sambal Jruek Drien. Masakan ini sudah menjadi kebiasaan orang tua saya ketika musim durian tiba. Jruek Drien adalah makanan istimewa bagi saya. Diproses dengan sederhana dan cocok buat teman-teman seperti saya yang tergila-gila dengan masakan kampung.Berikut sekilas tentang bumbu-bumbu masakan Jruek Drien yang kami gunakan di rumah: 

jruek drien (durian nyang sudah difermentasikan)
Bumbu Masakan
kelapa parut
serai dan daun tapak leman (diiris halus)
daun jeruk purut (diulek seadanya)
bawang merah, bawang putih secukupnya (diulek)
cabe rawit secukupnya (diulek sesuai selera)
daun kunyit, lengkuas, daun dan bunga melinjo, rimbang, kacang panjang dan udang secukupnya (untuk memperkaya bau dan rasa). Setelah semua bumbu dicampur dan Jruek Driennya dimasukkan, kemudian siap untuk dimasak dan disajikan bersama nasi hangat. 

Nah, buat kamu yang selera dengan ini. Silakan dicoba ya pengolahannya. Namun, sebagai mahasiswa, kamu juga bukan orang-orang yang mau menerima informasi yang instan donk. Mari mencari tau sejarah perkembangan Jruek Drien di Aceh dan tingkat kesukaannya di masyarakat. Selain itu, perbanyak silaturrahmi dengan pengusaha atau tukang kebun durian ya. Hmmm, paling tidak bisa mendapatkan durian yang layak dan dapat diolah menjadi Jruek Drien.




























Comments