Unik, Awas Penyakit SKS

PENYAKIT SKS BIKIN KALAH BERJUANG


Sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) adalah sistem yang sering membuat pelajar mendadak pintar dan bodoh.
Mahasiswa, saya mahasiswa yang juga tak kalah asing dengan sitem tersebut.  Walaupun baru kenal ketika awal menginjak kaki di kampus tercinta. JAwal2 kuliah telaten banget, disiplin dengan jadwal tidur dan selalu siap dengan ujian.
SKS mulai saya jajaki pada dua tiga semester akhir. Sebab di tahun2 itu mahasiswa MIPA, (mgkin termsuk yg lain juga) dipadati dengan Kuliah-Lab, dan presentasi dengan tugas yang membengkak. Apalagi menjelang bulan Puasa. Rasa-rasanya semua harus kelar dan siap sesuai target perkuliahan.

SKS memang menyenangkan tapi tidak mudah. Saya misalnya, suka kebobolan dengan materi2 yang banyak dan tdk sempat dibaca ulang.
Oh ya, bicara tentang SKS, jangan pakek sistem ini utk sidang ujian komprehensif ya. Kamu perlu persiapan yang kuat jauh2 hari sebelum ujian dasar tersebut dimulai.

Pengalaman banget saya.
:(
Hemat saya sih, SKS tu sistem yang bikin tubuh gk bersedia jika dipakek terus sehingga kandas jadwal utk beristirahat. Hilang konsentrasi, sehingga menjadi tdk fkus ketika ujian. Iya, sepertiu saya yang lesu, dan bahkan sempat tidak mampu lagi merangkai kata-kata untuk sebuah istilah yang sebelumnya dianggap mudah. Bagian2 sendi saya sakit sekali dan menjadi pusing serta nyeri di kepala. Akhirnya ada beberapa pertanyaan yg jawabnnya tdk saya ungkapkan.
Namun, jauh sebelumnya, saya juga pernah mencoba belajar tiap hari, khususnya ketika dosen menjelaskan. Hal yang sangat penting adalah penuh konsentrasi. Sebab ilmu yg kayak gtu bertahan banget di kepala. Terus, langkah selanjutnya catat bagian2 yg penting saja menurut bahasa sendiri yg mdh dmengerti atau menggunakan outline.

Awal semester satu, saya sempat salah kaprah, karena hrs mnctat materi di slide. Itu yg membuat buku cttn saya tebal dan jari manis saya membengkak seperti pasien yang menderita asam urat kronis saja. hehe akibat kerajinan yg salah kaprah. Wajar saja, saya  tidak tau, ternyta tuh materi bisa dicopy file nya, biasanya dosen akan ksh pd akhir perkuliahan, tapi ada juga dosen yang tidak peduli klo gk diminta, gk dikasihnya hingga mau ujian tiba. Barulah di situ mahasiswa seperti saya kelabakan lagi :D.


Intinya, JANGAN SKS YA kwn2. Khususnya buat adik2 yang sedang berjuang demi kelulusannya di masa akan datang. Persiapkan diri kalian dari sekarang. SEMANGAT:D (kata lazim yang sederhana tapi bikin muntah energi).

Comments