Segenggam Harapan


Assalamualaikum, salam semangat buat para penikmat puisi dan sajak indah  setiap hari. Puisi ini saya buat, dengan niat pertama mengikuti lomba di salah satu penerbit buku. Hehe, tapi belum bisa diterbitkan. Akhirnya mencoba menulis lagi, dan menambahnya dengan beberapa bait baru. 

Puisi ini bertemakan "RUANG". Sesuai dengan persyaratan penerbit sebagai landasan karya ini agar dapat dikirimkan ke penunjuk email yang sudah termaktub di lembar persyaratan. Sampai saat ini, saya tidak tau siapa dan puisi mana yang sudah mendapatkan posisi puisi bertemakan RUANG yang terbaik di tanggal 2 desember sepekan yang lalu. Akhirnya, ya sudahlah saya posting sajalah. Silahkan di kritik ya, hehe. Awal-awal menulis ni.

SEGENGGAM HARAPAN

Kepada keadaan aku bersyukur
Hidup makmur, tanpa prahara
Kepada perasaan aku gambarkan
Aku bahagia, aku sejahtera
Pada ruang yang sempit ini
Pada lingkaran kehidupan ini
Pada waktu yang tidak ditentukan,
Entah sampai kapan hadir di tempat yang sama
Ruang….
Ruang kalbuku kini sakit, karena ruangku terlalu sempit
Hanya mendengar tak mampu berprinsip
Melawan penderitaan yang terlalu pahit
Ruang islam, ruang yang sedang butuh perhatian
Ruang muslim yang takut dan trauma yang mendalam
Akibat pelanggaran terang-terangan
Bukan aku tak suka, bukan aku kecewa
Hidup di bumi Indonesia
Yang aman lagi sejahtera
Namun,
Andai saja aku bisa bertindak
Keluarkan aku dari lingkaran putih
Tatihkan ragaku sejenak
Bawa aku ke tanah yang perih

Kepada keadaan dan masa depan, aku titipkan
Sampaikan salamku untuk negeri islam yang sarat bantuan
Niat hati sudah membungkam
Melangsungkan tujuan penuh pengharapan

Kita,,,
Kita bangsa Indonesia
Bangsa yang bersaudara
Bangsa yang peduli
Bangsa yang mau bertindak
Bangsa yang menjunjung tinggi perlindungan dan kedamaian
Tunjukkan ruang kita
Tak hanya untuk Indonesia
Tapi untuk ruang kita islam sedunia

 Sekian dulu ya. Puisi ini sebenarnya untuk menggambarkan isi hati ketika pelanggaran terhadap islam sedunia yang baru-baru saja terjadi. Khususnya untuk Muslim Rohingya, Syiria dan Palestina, dan umat islam di seluruh pelosok negeri ini.

#N_Seroja_
#FiksiRoom
#Alhamdulillah, menjadi kontributor juga

Comments