Inaugurasi Inspirasi



Sore hari di aula Wisma Handayani Gedung B Dinas Pendidikan. Peserta sibuk memindahkan barang ke kamar masing-masing setelah mendapat pengumuman kelompok. Ana bersama beberapa orang teman sekamar menuju tempat peristirahatan. Hmm, kamar yang sangat nyaman dan rapi. Semoga menjadi tempat yang menciptakan ketenangan sejenak selama inaugurasi.
Inilah serangkaian  kegiatan yang kami lakukan selama menjadi calon Forum Lingkar Pena Cabang Banda Aceh 2016. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dua malam dimulai dari tanggal 4-6 november 2016 di Wisma Handayani Gedung B Dinas Pendidikan Aceh.

Pada malam sabtu ini,  segenap peserta inaugurasi melaksanakan rangkaian acara perkenalan. Acara yang unik dan mengesankan. Semua peserta dikerahkan bersama  MOT (Master of Training). Mematuhi aturan dan mengerjakan kewajiban selama inaugurasi dilaksanakan. Sebagai aturannya setiap peserta dituntut berbicara dan berkreasi sebagus mungkin agar masing-masing namanya dapat tersebutkan.
Kira-kira seperti ini….
Sejumlah barang pribadi peserta dikumpulkan dalam kotak ajaib. Relawan dari peserta yang pertama sekali maju harus mengambil satu barang secara random.
(Relawan) Barangnya punya siapa ya?????
Peserta tersebut harus bertanya, dengan demikian secara tidak langsung nama peserta pemilik barang harus tersebutkan.
Asik lho, games sebut namanya. Sampe2 ana sendiri blank, ditinggal jejak idea.  
Eh, Alhamdulillah ingat idenya dek april, hehe. Makasih dek ya (kephephet.com)

Ana melihat kreatifitas yang sangat luar biasa dari kawan-kawan. Mereka berekspresi sangat bagus. Bahkan saya sangat merekam sekali ketika salah seorang teman inaugurasi saya bertanya dengan gaya yang super kejam. Haha, walaupun cuman acting, tapi lucu sangat-sangat. Mereka punya andalan yang berbeda-beda. Karakteristiknya unik, apalagi ketika momen lamaran dengan seuntaian puisi dari bg JB. Mulyadi. Beliau keren ya, puisi yang sepanjang itu mampu tercipta dengan seketika. Ala-ala mau lamaran beneran gitu,,,wkwkwk

Sebagai syaratnya peserta diharapkan dengan tidak melakukan kesalahan, seperti mengulang pertanyaan yang sama dengan  kawan kawan sebelumnya. Sebab perkara ini akan dibebankan sanksi yang bermacam rupa. Kita disuruh baca puisi, buat pantun, atau dengan serta merta langsung aksi dengan  lirik puisi yang tertata dikepala.
***
Proses perkenalan ini berlangsung lama hingga di penghujung acara, setiap peserta dibagikan buku untuk diresensi.

Momen bersama Master of Training J
MOT kali ini dipandu oleh bg Muarrief Rahmat dan kak Rizka Rizkia.  Mereka sangat santun dan asik. Menjalani masa-masa inaugurasi, mengingatkan saya pada saat pelaksanaan Basic Training LK 1 HMI beberapa tahun yang lalu. Kegiatan yang hampir serupa seperti ini alhamdulillah sudah ana rasakan bahkan mungkin lebih berat dari yang sekarang yaitu momen inaugurasi. Hehe, tapi bersyukur juga ada waktu istirahatnya.

Acara ini disambut dengan pembacaan ayat suci alquran dan saritilawahnya yang  sangat bagus. Dimeriahkan pula dengan musikalisasi puisi Laskar Syu’ara dari kakak-kakak yang sudah begitu paham bagaimana menghidupkan suasana malam dengan berpuisi. Mereka punya potensi unik, suara mereka merdu dan menggema. Prestasi yang keren dan membahana terekspresi juga,  heheh kira kira sperti itu gambaran penampilan yang memukau dari mereka.

Pada malam pertama inaugurasi ini kami masih sempat menikmati waktu pertengahan malam dengan menyicil bacaan dan memulai satu persatu rangkaian kewajiban yang ditugaskan. Alhamdulillah, pagi ini bersama teman-teman penyemangat calon penulis baru mengikuti senam pagi dan  jalan-jalan berkelililing di sekitaran Rumah Sakit KesDam Kuta Alam, banda Aceh sambil meramaikan suasana jalan yang sepi dengan yel-yel penyemangat Forum Lingkar Pena.
“FLP”….
Berbakti, Berkarya Berarti……………….. (Serempak)
“Forum Lingkar Pena”
Berbakti Berkarya Berarti…………………(serempak)
Begitulah semarak yel-yel baru kami. Selanjutnya kami kembali ke wisma dan menuju ke aula yang sudah terhidangi dengan nasi gurih dan secangkir teh manis buatan panitia. Alhamdulillah, trimakasih panitia. Hari ini kami raja.
“Hmmm, Kami menikmati sarapan pagi sambil sesekali melirik buku yang akan diresensi”. Jangan sampe keselek ya, wkwkwk. Master of kephephet lagi….

Sabtu, 05 November 2016.
Hari ini, aktivitas peserta inaugurasi dipadati dengan penyampaian materi-materi tentang pengetahuan FLP dan segudang  karya-karya penulisnya.

Seorang bang Ferhat Muchtar sudah berdiri di hadapan kami. Beliau seorang penulis buku dan sudah banyak berkontribusi dalam kepengurusan Forum Lingkar pena Aceh. Pemateri kali ini sangat luar biasa menyampaikan materi dengan bahasa kiasannya yang mudah dimengerti. Tiga prinsip FLP semuanya dikupas dengan baik mulai dengan prinsip keislaman, kepenulisan maupun keorganisasiannya.
Materi dilanjutkan oleh kak Fardelyn Hacky pada sesi kedua. “Being A Blogger”. Inilah topiknya. Beliau adalah salah satu dari banyak penulis dan ahli blogger aceh lainnya yang telah berkontribusi dalam perkembangan Forum Lingkar Pena  Banda Aceh.
***
Menjelang sore, kepala terasa seakan pecah.
Penuh pati basi yang jarang tercuci. Begitu yang ana rasakan saat ini. Sepertinya kurang Oksigen dan harus segera terisi J.

Alhamdulillah di sela-sela waktu materi, kita ngegames aja dulu kata kak Riski. Ada Games Ice Breaking yang dipandu oleh kak Inunchan bersama kawan-kawan. Ana suka games ini karena penuh inspirasi dan membangun motivasi.
Sepertinya harus belajar lebih lanjut sama kak inunchan biar bisa diajarkan ke lain juga. Sahut ana sambil menari –nari dengan buku gaya ala kak nunchan (Nur Hasanah).
***
Ana mengantuk, bukan karena tidak sempat menyeistirahatkan mata.  Hanya saja pikiran ana lelah. Haha, gk bisa Fokus sih, proposal skripsi semakin iri, waktu sebanyak ini belum bisa tersisihkan untuk dia. Sabar ya proposal ana,

Kepala ana mulai membuat peta cabangnya. Materi tidak terserap dengan baik lagi dan akhirnya kembali membaca buku resensi. Hadeuhhhh, hingga menemukan kepuasan lain dari membaca. (Curhat Lagi)……

Sebagai peserta inaugurasi, maka  semua acara harus diikuti. Setiap kewajiban harus dipatuhi karena akan diperiksa oleh MOT.
***
Materi kepenulisan dan Public Speaking  akan dilanjutkan pada malam minggu ini. Dan bersyukur dapat menerimanya dengan baik.

Alhamdulillah, untuk kedua kalinya ana mengikuti diskusi Public Speaking ini.
“Memang berbicara itu penting. Tak hanya dapat menyalurkan kemampuan menulis dan membaca saja. Akan tetapi kita harus mampu berbicara” Begitu lantangnya penegasan ini dari mulut beliau si kakak dokter muda itu. Sebagai anggota FLP kita dituntut dapat menyuarakan tulisan  agar semampunya menembus kertas. Tidak hanya berbicara, namun semestinya dapat memahami apa yang kita bicarakan serta tentunya dengan memperkaya diksi (pilihan kata) juga. “Anggota FLP wajib memiliki KBBI karena setiap  kata istilah harus banyak diketahui” Begitu sambung kak Nuril Annisa.

Berbagai momen telah dilewatkan bersama para peserta inaugurasi  FLP 2016 hingga pada pagi minggu ini. Begitu banyak hal yang terkesan luar biasa ana dapatkan dari para panitia dan pengurus FLP banda aceh yng sangat kompak. Satu yang selalu akan menjadi semangat baru untuk memulai bergabung adalah rasa kekeluargaan yang mampu mereka tebarkan. Ada hal yang menarik bagi saya. Setiap panitia yang menjadi moderator benar benar memiliki skill berbicara yang luar biasa.  Mungkin itu adalah sebuah kelebihan ketika mereka berani bergabung di FLP.
***
Sekian dulu, masih banyak hal-hal baru yang tidak sempat tersebutkan satu-satu,  Mari menjadi penebar semangat menulis baru di Kota Banda Aceh. Semoga bermanfaat, Terus semangat menjadi generasi penulis islami yang memproduksi karya islami pula.
Ayo para muslim muslimah lainnya, segera bergabung dan ikuti masa-masa inaugurasi di kesempatan berikutnya, beraksi dengan tulisan dengan niat berdakwah.

Salam Kepenulisan for
Forum Lingkar Pena Banda Aceh
Forum Lingkar Pena Wilayah Aceh
Teristimewa untuk Gampong Pena Banda Aceh, yang diprakarsai oleh Muhammad Ikram dan Mona sebagai pak Keuchik dan ibuk keuchiknya. Trimakasih sudah mengayomi, hehe. Semoga kalian serasi. InsyaAllah (Becanda ala-ala semester tua).






# FLPBanda Aceh
#FLPwilayahaceh
#FiksiRoom
#N_Seroja_Nisa Ulmuddrika

Comments

Post a Comment